BBM CHANNEL

Wednesday, March 21, 2012

WORLD AMATEUR RADIO DAY ( PART 4 )


ORGANISASI

Hal inilah yang menyebabkan munculnya suatu gagasan utuk mempersatukan segenap potensi amatir radio di dunia dan secara bersama-sama memperjuangkan hak para amatir radio dalam scope internasional.
Timbul pemikiran untuk membentuk suatu kelompok atau organisasi amatir radio yang bertaraf  internasional. Diharapkan, melalui forum ini hak-hak tersebut dapat diperjuangkan kepada fihak yang berwenang dalam bidang Telekomunikasi Internasional yaitu “Badan Telekomunikasi dan Telegraph Dunia (sekarang ITU).

Membuat gagasan itu memang mudah, tetapi bagaimana dengan implementasinya?. Hal ini yang menjadi uneg-uneg dan tukar pikiran antara beberapa senior amatir radio dari berbagai negara. Baru menjelang tahun 1924, Ketua The American Radio Relay League (ARRL) dan seorang rekannya DR.Piere Coret dari Perancis mengambil inisiatif untuk mengumpulkan beberapa rekan-rekan amatir radio dari beberapa negara untuk mengadakan “saresehan” alias temu wicara perihal problematik yang dihadapi para amatir radio. Tempat pertemuan ditetapkan dikota yang indah dan romantis yaitu Paris di Prancis.

PERSIAPAN

Tanggal 12 Maret 1924, “Hotel Lutetia” sebuat hotel sederhana di kota Paris yang sebelumnya tidak dikenal oleh banyak orang mendadak menjadi tempat yang tidak akan terlupakan bagi amatir radio sedunia. Mungkin suasana romantis kota Paris dan Hotel inilah yang membawa keberhasilan kedua tokoh tersebut untuk mengumpulkan rekan-rekannya amatir radio dari 9 negara. Amerika, Inggeris, Perancis, Belgia, Swiss, Italy, Spanyol, Luxemburg dan Canada hadir pada saat itu. Sedangkan rekan dari Dermark yang sudah janji untuk datang ternyata berhalangan.

Pertemuan singkat dan santai para tokoh ini, ternyata berhasil menelorkan beberapa keputusan dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul terhadap eksistensi amatir radio dimana-mana.

Ide untuk membentuk suatu wadah atau organisasi yang bertaraf Internasional telah dicetuskan secara aklamasi. Bahkan nama untuk organisasi sudah disiapkan, yaitu : “The International Amateur Radio Union” , disingkat IARU.

Mereka yang hadir pada pertemuan ini telah menunjuk beberapa rekan dibawah pimpinan H.P Maxim dan DR.Piere Coret untuk menjadi panitia kerja atau Panitia Persiapan Pembentuakan Organisasi. Pihak ARRL dibebankan tugas untuk menyusun draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, untuk disebar luaskan keseluruh dunia sebagai bahan bagi “pertemuan” atau kongres pembentukan nantinya.

Sebagai penutup pertemuan, mereka sepakat untuk melaksanakan pertemuan besar ini setahun kemudian, tepatnya menjelang Paskah tahun berikutnya yaitu tahun 1925. Sedangkan tanggalnya masih akan ditetapkan kemudian.

Tanpa disadari beliau-beliau yang hadir pada saat itu, yang bermula cuma ngobrol-ngobrol secara tidak langsung telah meletakkan fondasi dari suatu wadah amatir radio dunia yang sangat penting bagi kita semua sehingga eksistensi amatir radio dapat terus berkembang seperti apa yang kita nikmati sekarang ini.

Dengan mengemban tugas hasil pertemua Paris, para panitia akerja khususnya pihak ARRL dalam kurun waktu satu tahun telah berhasil menyusun “draft” Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga suatu organisasi amatir radio Internasional serta persiapan-persiapan lainnya untuk kongres.

73 de YB4BAT
Sumber  :  ARRL  Brochure.

No comments:

Post a Comment